Saturday 30 March 2013

Renunganku Part 5 End



Dunia Kerja yang Kejam..Renungan Part 5 End


Hei sobat blogger..thnks atas antusiasnya membaca tulisan2 akuw..sampai ada yang minta buat lagi lanjutannya..okeh kita lanjut part 5 ini..

Semua pasti pernah nonton acara flora dan fauna, atau entah apalah namanya itu..pokoknya ketika binatang itu merebut mangsanya, sangat buas bukan? ya begitulah jika sudah berurusan dengan isi perut..tidak berbeda juga dengan manusia..jika udah berurusan dengan isi perut manusia berubah layaknya binatang..buas dan tidak ada perikemanusiaannya..*ini mungkin pada manusia2 tertentu yaw

Ya itulah yang akuw rasakan ketika mulai mencoba untuk bekerja di sebuah perusahaan, ingin merasakan menjadi orang kantoran gitu..dulu ketika bekerja di biro di bandung, akuw tidak merasakan kondisi ini..semua berjalan dgn baik dan kekeluargaannya terasa banget..tapi di kantor baru ini? terasa sekali persaingannya..kok segitunya yaw? kan sama2 cari isi perut, kok saling salip gitu..kyaknya seneng banget klo temen itu gagal atau kena marah atasan..

Jadi inget film manusia yang terdampar di pulau asing dan membuat goresan2 di dinding goa untuk mengingat udah berapa hari dia terdampar..akuw waktu itu setiap pulang kantor, menyilang tanggal di kalender dengan spidol dengan penuh gairah sampai tembus ke bulan dibaliknya,hahahaa..saking gemesnya ma kondisi kerja kuw..gila emang dunia kerja itu..jam 7 pagi udah brngkat dan jam 10mlm baru sampe kosan (mungkin ada yg lebih parah dari ini, tapi bagiku ini sangat parah) dan hari libur cuma minggu sajah..kebayang kan biasanya kerja paling banyak 8x sebulan sekarang cuma libur 4x sebulan..kondisi ini sungguh menyiksa kuw..pulang kerja udah kusut pake nyuci baju lagi krn baju kuw ga banyak..dan dikeringkan di depan exhaust (kipas penyedot udara ruangan)..sebenarnya ini bukan bikin baju bersih, tp malah kotor krn udara yg keluar itu kan udara kotor,hehe...tp gpp lah biar bs dipake besoknya lagi..

Kadang akuw mencoba membayangkan kakak kuw yang kerja di jakarta..dia brangkat subuh dan pulang tengah malam, naik turun bis dan ojek..itu dia jalani bertahun-tahun..dia cwe lho..dia ajah kuat kok akuw tidak?? lalu akuw mikir lagi..apakah harus seperti itu bekerja? memang kita mencari isi perut? apakah tidak ada yang lebih enjoy? buktinya dulu di biro akuw asik2 saja dan hasilnya tidak beda jauh dengan di kantor sekarang..akhirnya akuw mendapatkan sebuah kesimpulan hasil dari renungan 3bulan..kayaknya akuw salah lokasi ini..pekerjaan yang dilakoni itu harus membuat kita senang..entah pekerjaannya atau lingkungan kerjanya..jika tidak bisa mendapatkan kesenangan itu, maka akan tertekan tiap hari dan ini sungguh menyiksa..kenapa harus takut pindah kerja? kenapa tidak yakin dengan kemampuan sendiri? ini juga hasil dari usaha sendiri dan yakinlah ada yang lebih baik dari yang sekarang..itu adalah penguat akuw untuk mencoba bekerja di tempat lain dan berbekal keberanian dan saran2 dari teman2 akuw beranikan diri untuk pulang kampung, kembali ke rumah sendiri dan merintis karir yang baru..akuw lepaskan karir kuw yang udah akuw rancang dari semenjak kuliah dan mencoba lahan baru di tanah kelahiran kuw..BALI..tukang bakso ajah berani adu nasib ke bali dan bisa beli rumah, masak akuw yang berpendidikan sarjana asli BALI ga berani mengadu nasib di BALI?

Singkat cerita akuw kabur ke BALI..dan mulai mencari-cari kerja..cuma 1bulan akuw diam dan udah dapat pekerjaan di Bali..memang tdk sesuai harapan dari sisi salary..tp memang segitu gaji di Bali..ya itung2 tidak bayar biaya kos, akuw terima aja dulu..sambil cari2 relasi..pulang pergi dgn jarak 33km tiap hari naik motor itu sesuatu banget..di tempat kerja lama macet yang bikin stres, klo di Bali, jauhnya+panas itu bikin gila juga..belum lagi motor mati tiba2 krn overheat dipacu dengan kecepatan tinggi..masalah baru muncul lagi disini..kondisi kerja menyenangkan, teman2 kantor juga asik2, tp masalahnya skr adalah gaji..heemmm..

Manusia itu memang ga pernah puas..dulu waktu SMA pernah akuw berpikir, buat apa akuw belajar bahasa inggris? kenapa ga orang asing yang belajar bahasa Indonesia? kita menjadi tuan di rumah sendiri, buka lapangan kerja untuk orang2 asing itu..otak mulai ngalor ngidul dan berpikir kontras..dan akhirnya akuw buat keputusan penting lagi alam hidup ini..banting setir lagi..buat usaha sendiri..ketika tidak ada yang berani memberikan gaji sesuai harapan, ya buat ajah usaha sendiri..gitu ajah kok repot *inget kalimat presiden kita

Dan akhirnya akuw mulai konsultasi dengan teman yang udah menjalankan usaha sendiri dan dia juga udah menyarankan akuw waktu masih di kerja di jakarta..lama akuw berpikir dan dia sungguh sahabat yang baik..dia menjelaskan dengan sangat rinci hitung2annya *mana ada pengusaha yang buka2an gitu jaman sekarang dan akhirnya akuw buka usaha sendiri dengan dibantu oleh sahabat akuw ini..tidak semudah dalam teori ternyata..banyak tantangan memulai usaha dari 0 itu..bener2 nol..modal tidak ada, mulai mencari pinjaman kemana-mana..dan perlu diingat!!! orang yang mau pinjam uang di Bank itu wajib menyertakan rekening koran/slip gaji/buku tabungan..mana ada slip gaji kuw krn aku dah ga kerja..keluar masuk bank demi mendapatkan modal usaha..alhasil berat badan kuw turun 6kg dan keluarga mulai cemas melihat akuw yang wajahnya mulai kusam, tulang2 pipi mulai terlihat dan jarang makan..

Otak masih berputar berpikir bagaimana caranya mendapatkan modal usaha ini..80jt itu ga kecil..padahal akuw dah bawa sertifikat tanah warisan sebagai jaminan, tp bank bukannya melihat jaminan itu tp melihat apakah usaha akuw ini akan jalan/tdk..ingin rasanya marah dan menggebrak meja bank itu, bagaimana bisa jalan? wong modal ajah ga dikasi minjem..heemmm..ini bahasa apa yaw?politis banget..sampai akhirnya semua teman2 kuw di Bali akuw seleksi, siapa kira2 yang bisa bantu akuw..dan akhirnya..AHA..sebuah nama muncul..kebetulan dia teman dikantor waktu di Bali dan dia skr bekerja di sebuah bank swasta..akuw coba mendekati dia dan ternyata gayung bersambut..dia membantu akuw dan menjamin akuw bisa dipercaya untuk meminjam dana di sana..tapi masih tetap syarat slip gaji itu ga bisa dibantahkan..krn itu memang administratif..dan akhirnya paman akuw mau merelakan slip gajinya dan namanya dipinjamkan..plus sertifikat rumahnya di denpasar dijadikan jaminan..jika akuw jahat dan ga bayar2 cicilan, maka paman akuw lah yang akan disita rumahnya dan dicari-cari pihak bank..tp akuw tidak sejahat itu..orang yang telah membantu kita kok dijahatin..gila apa yaw..

Akhirnya akuw menjadi BOS..aseeekkkk..bos gitu lho..langsung jadi owner bukan manajer lagi seperti cita2 karir kuw dulu..dan asal kalian tau..menjadi owner itu bukan hal yang gampang ternyata!!!! memang benar cerita suplier di tempat kerja dulu..pengusaha itu bisa kerja 24 jam sehari dan ga ada liburnya..dan ini memang bener..marketing, pengembangan usaha, maintenance pegawai dll smua ditangan kita..sampai akuw ga tidur2 menjelang usaha akan buka..apakah akan ada pengunjung? apakah ini bener2 pilihan hidup kuw? dan jujur ini ga pernah terpikirkan dalam list cita2 kuw..

Hari pertama, akuw bengong mandangin warung nasi seberang usaha akuw..dari buka sampai tutup ada ajah pengunjungnya..akuw? msh bengong dan diliatin sama yang makan di warung itu..entah apa yang mereka bicarakan..akuw pura2 serius ajah liatin komputer..kyak sok sibuk gitu deh..pdahal kuping dah mekar mencoba menangkap pembicaraan mereka itu,wakakaa...hari pertama akuw anggap hari promosi, jadi akuw kasi gratis siapapun yang mau maen di warnet kuw..jadi penghasilan hari pertama tidak akuw anggap sebagai penghasilan riil..hari kedua, akuw bener2 mneteskan air mata..buka dari jam 8pagi-jam 2 subuh..cuma dapet jualan 27rb..akuw sempet shock, apakah ini bener pilihan hidup kuw? ini bener2 diluar ekspektasi kuw..jauh melenceng dari perhitungan2 teknis dengan sahabat kuw..sedangkan tiap bulan itu akuw wajib membayar cicilan dari usaha akuw ini..otak ini berputar terus dan jujur akuw terjatuh di kondisi ini..akuw mulai malas buka dan sesuka hati kuw ajah buka warnetnya..sahabt kuw dan membuat perhitungan save money sekian bulan untuk cicilan buat jaga2 jika usahanya tidak berjalan..jadi bisa fokus untuk membuat terobosan2 agar usaha berjalan sesuai harapan..

Benar saja..akuw mulai buat pamflet dan menempel dimana2 kira2 ada pelanggan kuw..dan yang bikin akuw tersentak adalah seorang anak kecil dengan polosnya marah ke akuw.."sebenernya warnet ini buka jam berapa sih?kok ga jelas kali bukanya jam berapa?" hahaaa..akuw tersenyum dan mulai termotivasi untuk membenahi waktu kerja akuw..akhirnya akuw cari pegawai yang bisa buka tiap pagi (karena akuw ga suka bangun pagi) dan selalu tutup jam 2 subuh walau tidak ada yang main..itulah salah satu kunci sukses sebuah usaha..kekonsistenan waktu buka dan tutup..jadi orang yang berniat ke warnet akuw udah perhitungkan, jika dia tidak akan rugi berkunjung ke warnet akuw karena pasti msh buka direntang waktu itu..

Usaha itu sebuah seni..ya seni, bagaimana bisa memberikan pengalaman baru ke pelanggan..mereka merasa dilayani dan tidak ada istilah penistaan harga diri dalam usaha memberikan pelayanan..siapa sih yang ga suka dilayani? apalagi mereka itu mengeluarkan uang untuk mendapatkan pelayanan itu..sudah selayaknya mereka mendapatkan yang terbaik bukan? dan sungguh salah besar pemikiran kaku tentang pengkotak-kotakan diri berdasarkan pendidikan..banyak yang mencibir akuw membuat usaha internet padahal akuw seorang sarjana Psikologi..mereka mencibir kuw tidak perlu kok membuat usaha internet itu sampai kuliah keluar Bali..jika ujung2nya buat usaha internet kenapa harus sampe kuliah keluar dan lama lagi..buang2 duit saja, begitulah terdengar suara2 sumbang..

Akuw masih ingat kata dosen akuw di kampus dulu..semasih melibatkan manusia, maka psikologi ada disana..dan kuliah itu bukan hanya untuk mendapatkan ilmu, tapi kuliah itu adalah mengubah pola pikir, mensistimatiskan pola pikir, menguatkan daya analisa, dan mengembangkan sayap relasi..karena kuliah itu akan mempertemukan manusia2 dari pulau2 yang jauh..keanekaragaman budaya ada disana dan membuat mahasiswa memahami budaya seluruh Indonesia..kita menjadi lebih luwes, dan tentunya lebih luas wawasannya..secara pribadi, akuw tidak masalah dengan cibiran2 tu..tapi siapa tahu perasaan orang tua kita bukan? mungkin mereka tidak pernah menyampaikan cerita2 tentang akuw yang langsung tersampaikan ke mereka, tp akuw merasakan kegundahan orang tua akuw dengan melihat usaha yang akuw bangun masih belum stabil..dan melihat anaknya selalu pulang pagi..

Selidik punya selidik, ternyata akuw dengar yang namanya bekerja itu adalah menjadi PNS, Polisi, atau apalah yang pekerja tetap dan jelas gajinya tiap bulan..banyak orang tua mengidamkan anaknya atau mungkin menantunya memiliki pekerjaan tetap..apalagi laki-laki yang akan menjadi tulang punggung keluarga..awalnya akuw masih tetap kekeuh *ngotot bahwa pengusaha itu jauh lebih besar penghasilannya daripada pekerja2 dengan penghasilan tetap itu..tetapi, apa yang akan terjadi jika akuw punya pekerjaan tetap dan usaha juga jalan? bukankah ini sesuatu yang patut dicoba? ini tantangan baru bagi kuw dan sebuah pembuktian untuk mengunci cibiran2 itu..biar mereka tahu bahwa akuw ini diam bukan berarti ga mampu..

Akuw mulai cari2 bukaan PNS sambil belajar2 tentang soal2 PNS..karena akuw punya warnet ya smua bisa dicari di dunia maya..akuw belajar dengan serius dan benar2 memahami apa itu kewarganegaraan, pasal2, undang2, dan peraturan2 pemerintah..semua akuw lahap memenuhi ruang2 otak ini..akuw yakin, orang yang sudah mempersiapkan diri dengan matang, diiringi dengan niat, dan ada peluang, maka dialah juaranya..

Akuw seolah-olah kembali ke masa lalu..ketika akuw gagal di tahap akhir sekolah tinggi pemerintahan itu..akuw dibayang-bayangi malsah kecurangan2 itu dan masalah suap menyuap itu..tapi saat pikiran itu muncul, otak kuw langsung menjawab, "Emang selama ini kamu punya bukti? jika tidak ada bukti, kenapa dimasukin hati dan menghambat perjuangan km?" ya benar, itu tdk ada bukti dan kenapa harus dijadikan alasan kegagalan akuw? dan benar saja kesempatan itu datang..ada bukaan PNS di Bali dan di Kantor Statistik..akuw coba dua2nya..dan yang namanya trauma itu memang susah untuk dihilangkan..saat mendaftar di BKD (Badan Kepegawaian Daerah) muka2 yang mengumpulkan map pendaftaran itu akuw liat muka2 koruptor, wakakaaa..licik, menjijikkan..ini bener2 susah untuk mendamaikan hati..akuw itu anti dengan seragam PNS yang coklat2 itu..ga tau kenapa, ketika melihat seragam itu kok pikiran akuw itu dipenuhi pikiran kotor saja..

Dan saat tes pun akuw merasakan hal yang aneh juga..ini kok kayak ujian biasa saja..tidak terasa ada keseriusan, dan tidak sreg ajah..ini berefek pada effort akuw untuk lulus..dan ga tau kenapa udah mikir, ini paling ujian maen2, wakakaka..susah memang yaw menghilangkan rasa itu..dan kebetulan ketemu juga dengan adik kelas kuw dulu di Psikologi..dan akuw mikir, dia pasti jauh lebih smart dari akuw dan layak lulus diposisi ini..tp ternyata dia jg tidak lulus..nah lo, ini dah bikin akuw beneran curiga 100% akuw tau kemampuan adik kelas kuw itu dan dia itu memang smart..dan dia juga penasaran kok ga bisa lulus..kebetulan dia ada orang dalam yang bisa menyelidiki..ternyata nilai tes tulis dia itu 95 dari nilai tertinggi 100..kebayang dunk ada yg bener smua tuh jawabannya..dan dalam tes itu ada essay yang isinya menjelaskan..ini sungguh di luar logika bisa tembus 100..tapi kembali lagi ke cerita di awal..TIDAK ADA BUKTI SUAP MENYUAP..

Saat tes di Kantor Statistik, ini lain dari biasanya..tidak ada yang pakaian coklat berseliweran (karena seragamnya abu2,hehe) dan ada sesi pembukaan..yang sarjana psikologi jumlahnya cuma 15 (klo ga salah itung waktu itu) jadi kursinya diletakkan di depan..dan ada sesi buka segel soal..dalam pikiran akuw, akuw ajah yang maju ke depan sebagai saksi dan sekalian membuktikan bahwa memang benar soal masih tersegel *MENCARI BUKTI..minimal ada foto akuw di dokumentasi jika nanti tidak lulus,hahahaa...Ternyata soal memang masih tersegel dan tidak ada yang bocor..hal yang bikin akuw tambah yakin, ada orang dari jakarta yang langsung bawa soalnya dan dia akan langsung bawa lagi ke jakarta..jadi jika seandainya ada permainan di daerah, maka akan susah untuk mengganti jawaban karena soal dan jawaban di segel lagi di ruang ujian..dan tentunya, penjelasan mengenai kantor ini adalah instansi vertikal yang notabene tdk ada kaitannya dengan pemda membuat akuw agak lega, minimal tdk tersentuh oleh kotor2an yang blm ada bukti itu..

Akuw ikuti ujian dengan serius dan yakin dengan jawaban akuw..jika seandainya akuw tidak masuk dalam tes ini, akuw berani mendatangi kantor statistik ini untuk menanyakan hasil ujian akuw itu..kenapa akuw tidak berpikir spt itu saat tes pertama? karena akuw dah berpikir negatif di awal..sedangkan di kantor statistik ini? tidak ada pikiran negatif yang membayangi akuw..dan sungguh sebuah kejutan, akuw lulus tes tahap pertama ini dan lanjut ke tahap interview dan psikotest..sungguh sesuatu banget..akuw semakin yakin dengan kemampuan akuw..

Saat tes interview, ada pertanyaan tentang pendapat kita terhadap suap dlam seleksi PNS..akuw sampaikan bahwa akuw itu benci PNS..hal ini bikin sang interviewer kaget juga..*ni anak ngapain ngelamar PNS klo benci PNS?hahahaa..ya akuw sampaikan apa adanya..akuw melamar PNS karena penasaran apa saja sih kerjaannya PNS itu? kok sampai segitunya membayar mahal untuk jadi PNS..dan akuw sampaikan, selama ini akuw ga pernah ada yang mintain uang untuk bisa lolos PNS jadi, akuw tdk punya bukti bahwa cari PNS itu pakai acara bayar2..dan akuw tekankan, Jika akuw lulus di sini, berarti emang bener seleksi ini murni dan jikapun akuw tdk lolos akuw bersyukur krn belum pernah sampai tahap interview dalam tes2 PNS..sisa 3 orang dalam tes akhir ini dan bikin akuw deg2an juga..karena akuw lihat ada 1 orang yang bisa jadi saingan akuw..dia cantik, muda, dan smart..akuw tau itu karena pas diminta memperkenalkan diri bersama-sama sebelum interview masing2..jika kantor statistik mencari orang fresh dialah juaranya, tp jika mencari orang yang berpengalaman, akuw lah orangnya..itu saja dalam pikiran akuw..

Akuw sadar ada pesaing kuat..dan mulai mencari senjata dalam diri akuw..kira2 apa yang bisa akuw sampaikan yang bisa menjual diri akuw..bukan hanya pengalaman yang tertulis di kertas, tp secara lisan akuw bisa sampaikan dan membuat peng interviewer tertarik..dan ternyata jualan akuw itu outbound berhasil mendapatkan point besar dan mengantarkan akuw jadi PNS di BPS Provinsi Bali..ya Badan Pusat Statistik..sungguh anugrah terindah dalam hidup akuw..kado ulang tahun yang indah..karena pengumumannya di bulan desember..dan lucunya, ketika membuka pengumumannya di website, akuw buka dengan modem yang super lemot..loadingnya lama dan teringat lagi masa2 melihat pengumuman SPMB di warnet..hahhaaa..

DAN...usaha seorang yang gigih positive dan negatif itu beda tipis..yang dari dulu mencibir masih gigih mengatakan akuw lulus PNS dengan suap..its okey..kembali lagi..tidak ada bukti bukan? lalu kenapa harus meributkan itu? yang tidak benar itu lambat laun akan sirna terkikis sang waktu..Satyam Eva Jayate..hanya kebenaran yang menang..jadi, pelajaran yang bisa diambil adalah..selalu berusaha untuk menyampaikan yang benar, melakukan yang benar, dan memikirkan yang benar..maka smuanya akan menemukan titik terangnya seterang sinar mentari mengarahakan langkah kita menuju tujuan akhir kita....END Renungan kuw...

No comments:

Post a Comment