Friday 22 March 2013

Renunganku Part 2

Masa-Masa Susah 
Renungan Part 2

.... Anak kecil yang baru belajar berjalan akan menangis ketika pertama kali terjatuh. semakin sering dia jatuh maka semakin berkurang tangisnya dan mungkin juga dia tidak akan jatuh lagi karena sudah beberapa kali jatuh..dia sudah belajar dari pengalamannya sendiri..Apa yang terjadi jika anak itu tidak pernah jatuh saat belajar berjalan? entah karena dijagain atau memang dia pintar menjaga keseimbangannya? dia tidak akan pernah merasakan sakitnya terjatuh bukan?Apa yang akan terjadi jika dia terjatuh pertama kali dari sekian kali dia mencoba berjalan? mungkin dia akan menangis sejadi-jadinya atau mungkin malah tidak mau berjalan lagi..

Ya, itulah yang akuw alami saat gagal masuk tahap pendidikan perguruan tinggi..Dari SD-SMP-SMU smua berjalan mulus tanpa kendala dari usaha sendiri..sempat kakak ku mengingatkan saat mencari SMU agar aku mendaftar di SMU lain sebagai cadangan..aku dengan sangat yakin lulus di SMU itu dan tidak mendaftar di SMU lain sebagai cadangan..dan memang benar keyakinan itu tidak terbantahkan..akuw lulus..

Saat mengenaskan adalah saat mau melanjutkan ke Perguruan tinggi..akuw dah bosan dengan ruang2 kecil kelas yang memasungku selama 12 tahun..aku ingin bebas, rambut gimbal, berpakaian tdk berseragam, dan tidak perlu harus kenal dengan smua teman di kelas..dan pilihan kuw jatuh di Arsitek..akuw suka gambar dan anak2 arsitek memang tampilannya bebas sesuai selera akuw..Aku tanya2 kakak kelas yg kuliah di arsitek, katanya asik dan deritanya, kadang tugas2 itu dianggap sampah ma dosen..blm diliat dah dibuang dan disuruh revisi..dan katanya lulus lama..ini point penting bagi kuw krn akuw tuh baru sekolah umur 7th,hehe..ya klo lama kuliahnya kan umur mulai kerjanya terbatas nanti..heemm..dan dari keluarga juga ada menyarankan cari yang ikatan dinas aja biar pasti pas lulus dah langsung kerja..

..berpikir sejenak...4tahun ke depan mungkin dah susah juga persaingan kerjanya..gimbalnya nanti ajah dah,hehe..paksain 4th lagi..dan akhirnya..JENG JENG...pilihan dijatuhkan pada Sekolah tinggi pemerintahan...pilihan tunggal lagi dalam hidup, tidak memilih apapun pada UMPTN alias ga ikut UMPTN..*ini anak PD abis yaw

Smua dipersiapkan dengan matang dari berhenti merokok, berhenti minum alkohol, mulai rajin lari pagi dan latihan push up, shit up, pull up, dan smua yg berbau olahraga dilakukan..GATBATE!!! kata orang sunda bilang...*iklan* dan bedanya masa ini dengan masa memilih SMU adalah aku ikuti saran kakak untuk tetap ikut UMPTN..ya begitu kata saya dan mengikuti intensif di bimbel tanpa beban, ikut try out tanpa belajar..kebayang ga, Univ cendrawasih dengan passing grade 18 ajah akuw ga lulus pas try out..grade tertinggi kuw semasa intensif adalah 11 *wow.. dan pas dijaman akuw SMU akuw kena Blacklist univ. Negeri di Bali karena pengkatrolan nilai untuk PMDK..pokoknya sekolah yang langganan banjir saat hujan dan katanya unggulan itu jadi makin tersohor terutama di Univ. ini..

Saat mendaftar UMPTN, akuw dah menuliskan pilihan 1 di Psikologi Bandung dan Pilihan 2 di Arsitek Bali..perjalanan ke Jimbaran mengubah otak akuw di jalan, entah kesambet apa, aku mengganti pilihan 1 dengan Arsitek dan pilihan 2 Peternakan pas antre akan menyerahkan berkas..pikir akuw waktu itu, klo ntr lulus di pilihan 1 gmn? bayar2nya kan jadi mahal dan ga diambil juga? *Ke PD an lg nie dah mikir lulus ajah..

Waktu itu akuw pakai jaket SMU akuw yang terkenal itu dan giliran kuw tiba...Ibu2 atau lebih pas mba2 yang ambil berkas ku melihat akuw dan komen, "owh anak SMU terkenal itu yaw?" dengan nada sinis..Emosi anak mudo yg bergejolak bangkit..akuw jawab, "ya emang kenapa? walau pilihan aku dua2nya di univ. ini, akuw GA akan KULIAH DISINI!!!" dia menatap kuw dgn tatapan aneh, hahaa..ya iyalah, ni anak ngomong opo iki,hehe..trus ngapain daftar UMPTN klo ga akan kuliah? xixixi..

Dan di hari H UMPTN akuw datang dengan dua pensil, 1 penghapus, dan cutter *akuw ga suka pake rautan..smua anak pada belajar dan belajar seolah2 hari kiamat akan datang..muka2 serius menatap kuw ketika akuw jalan2 liat2 mereka..ga bawa tas dan ga bawa buku..hahaha..akuw kerjakan semampu kuw dan smua berlalu tanpa beban..sampai rumah, akuw ambil smua buku2 soal UMPTN dan akuw lempar dikamar kuw..ada yg dipojokan, ada yg terlipat terbuang entah di mana..akuw berkata, "goodbye" dan tersenyum puas..

Tes di Sekolah pemerintahan pun sedang berlangsung dan akuw persiapkan dengan matang..semua berjalan dengan lancar..Saat tes kesehatan itu kan beberapa cowo ditelanjangi bareng dan kita bisa cek kesehatan lawan ita juga..ada satu anak kurapan abis dah tu..dan akuw pikir ni anak dah ga lulus krn badannya mengerikan gitu..eh ternyata dia lulus dan akuw melihatnya pas tes tahap selanjutnya..otak ini udah mulai kotor, jgn2 ni seleksi ada yang "maen"..pakai uang bisa lancar jaya lulus..tp akuw tetap positive..kata hati, "jika memang ini jalan ku dan akuw bisa tunjukkan kemampuan terbaik ku, maka akuw pasti lulus..sekarang fokuslah dan berikan yang terbaik" tahap ini aku lulus..dan tahap terakhir di Bali adalah tes akademik..akuw dah merasa di atas angin karena akuw dah persiapkan dengan matang..Saat tes dimulai, akuw terganggu lagi dengan penulisan nama di LJK dengan pensil bukan bolpoint seperti biasa dilakukan di sekolah dan tanda tangan di LJK pakai pensil juga, smua pakai pensil..otak kotor part 2 muncul lagi.."beneran dah seleksi ini pakai uang sogokan..ntr jawaban yg bagus diganti nama gmn?kan bisa dihapus bla bla bla" dan otak jadi tidak fokus mengerjakan soal2..

Sampai akuw di parkiran dan akan pulang ke rumah, otak ini msh sibuk komen dan suara tertawa orang2 yg baru sampai parkiran terdengar seperti suara tertawa para politikus yg congkak dan merasa menang..kemelut ini terus berlanjut yang membuat akuw cemas menunggu pengumuman..tik tok tik tok tik tok.....dan..pengumuman tertempel...

Akuw tumben ragu melangkahkan kaki ke arah papan pengumuman..sudah 3 kali akuw melangkah ke arah ini dan hasilnya akuw tersenyum puas..wajah2 orang2 yang murung setelah menatap papan pengumuman menambah semangat kuw melangkah dan merasa mengalahkan mereka..tapi hari itu, akuw merasa menjadi bagian dari muka2 murung itu..akuw terdiam beberapa langkah menunggu kerumunan itu berangsur-angsur sepi..ada satu anak sampai melihat 3x papan pengumuman itu..dia duduk dan bangun lagi dan menjauh dari papan dan mendekat lagi dgn air mata di pipinya..mungkin menanti mukjizat tiba2 namanya tertulis disana kali ya..heemm..akuw tumben sedetail itu mengamati dan sampai akhirnya papan sudah sepi..aku mulai melangkah dan menghela nafas saat akan mulai membaca daftar yg sudah tidak panjang lagi krn tinggal sedikit yang tersisa dan dinyatakan lulus..

Akuw seperti memutar film di otak kuw..film yang akuw buat tadi..menyaksikan seorang anak berdiri di papan pengumuman mengulang menatap satu2 nama itu dan berharap namanya ada..dan akuw menangis..kaki ku lemas dan akuw terduduk..AKU GAGAL
aku tidak menemukan  I Nyoman Agus Triawan tercetak dikertas itu dengan tinta hitam font TNR 12..huruf formal kaku beku seperti lidah ku yang kelu..

Akuw menangis sepanjang jalan pulang dan langsung masuk kamar dan memunguti satu persatu buku soal2 UMPTN..seolah-olah buku itu berbicara, "Aku masih di sini kawan, menunggu mu membuka lembaran2 ku" 

Akuw benar2 tenggelam dalam kegagalan ini dan murung sepanjang hari..akuw masih belum bisa menerima kegagalan ini..akuw tidak makan dan mulai merokok dan minum alkohol lagi..

Pengumuman UMPTN pun tercetak di koran dan aku tidak membeli koran..akuw datang ke rumah sahabatku dan melihat dia murung dengan koran di tangannya..akuw kira dia tidak lulus, tp ternyata dia lulus..Namun, ortunya tidak mendukung dia kuliah dengan alasan tidak ada biaya..dia mengatakan akuw lulus di arsitek dan menunjukkan nama kuw di koran..tp itu tidak akuw hiraukan..bukan tujuan akuw dan akuw tidak ingin kuliah di sana..kita sama2 murung dan kita sama2 terdiam..

..to be continue..Persimpangan Jalan Renungan Part 3

No comments:

Post a Comment